OECD: Inflasi Melambat Pada Bulan Januari

OECD: Inflasi Melambat Pada Bulan Januari

Selasa, 05 Maret 2013 20:36:07 WIB

Monexnews - Laju inflasi tahunan di negara-negara maju merosot ke level terendah dalam lebih dari 2-tahun pada bulan Januari, sebuah kondisi yang akan melapangkan jalan bagi bank-bank sentral utama dunia untuk memperbanyak langkah-langkah stimulus guna menopang pertumbuhan yang goyah.

Angka yang dirilis oleh Organization for Economic Cooperation and Development (

OECD) pada hari Selasa menunjukkan harga konsumen bulan Januari di 34 negara anggotanya hanya tumbuh 1,7% dalam 12 bulan terakhir, setelah mencatat kenaikan sebesar 1,9% pada bulan Desember 2012. Namun, pertumbuhan inflasi di sejumlah negara berkembang besar, mengindikasikan bahwa tekanan inflasi global tidak sepenuhnya surut.

Sementara tingkat inflasi negara-negara maju yang relatif rendah seharusnya akan menyediakan lebih banyak ruang bagi bank-bank sentral untuk menurunkan suku bunga utama mereka atau meluncurkan stimulus dalam bentuk lain sebagai upaya melawan perlambatan ekonomi global. Meskipun tidak ada level inflasi yang disepakati di antara negara-negara maju, sebagian besar bank sentral utama menetapkan target inflasi tahunan mereka pada kisaran 2,0%.

Di antara negara-negara anggota OECD, laju inflasi tahunan tertinggi dicetak oleh

Turki dengan kenaikan 7,3%. Sedangkan Swiss dan Jepang sama-sama mencatat tingkat inflasi terlemah dengan turun 0,3% dari level pada bulan Januari 2012.

Untuk negara-negara berkembang besar, laju inflasi terlihat melambat di

China dan Afrika Selatan, namun berakselerasi di Brazil, Rusia, Indonesia dan India. (vid)


(vid)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search