OPEC Tekanan Pentingnya Stimulus Bagi Pertumbuhan

OPEC Tekanan Pentingnya Stimulus Bagi Pertumbuhan

Jum'at, 17 Januari 2014 06:36:50 WIB

Monexnews - Dengan isu tapering pembelian aset oleh Federal Reserve kembali hangat di pasar, Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) telah menekankan bahwa stimulus moneter telah menjadi kunci bagi pemulihan ekonomi global dan hal tersebut harus berlanjut. Dalam Monthly Oil Market Report milik OPEC yang dirilis pada hari Kamis, OPEC menuturkan pentingnya peranan stimulus moneter di seluruh dunia sejak kebangkitan dari krisis keuangan, dan mengatakan hal tersebut penting untuk membantu pertumbuhan global.

"Selama tingkat pertumbuhan ekonomi masih lambat jika dibandingkan dengan potensi dan tingkat inflasi masih berada di level rendah di bawah 2%, usaha untuk meperkuat tingkat pertumbuhan pada negara OECD akan terus berlanjut, memberikan kontribusi penting pada pemulihan ekonomi global."

OPEC menyoroti pentingnya kebijakan stimulus di seluruh belahan dunia, tidak hanya di AS. Sementara AS menilai stimulus membantu menciptakan lapangan kerja dan menstabilkan pasar sektor perumahan, dampaknya menyebar dan tidak merata di Eropa akibat perbedaan sturktur perekonomian. Ditambah lagi kebijakan stimulus moneter ambisius belakangan ini di Jepang telah membantu perekonomian untuk pulih dari dampak bencana Fukushima di tahun 2011," menurut laporan tersebut. Sementara itu pada negara berkembang, stimulus moneter oleh negara-negara maju telah secara umum membantu mendorong aliran dana asing menuju pasar negara berkembang, meski dengan laju yang berbeda."

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search