Optimisme Selimuti Laporan Tenaga Kerja AS

Optimisme Selimuti Laporan Tenaga Kerja AS

Kamis, 03 Juli 2014 09:14:45 WIB

Monexnews - Ekonom memperkrakan tingkat penciptaan lapangan kerja AS di bulan Juni kurang lebih sama dengan di bulan Mei namun ada sejumlah sinyal anekdot bahwa data bulan Juni mungkin akan sedikit lebih rendah. Mereka memperkirakan kenaikan sebesar 215,000 pada nonfarm payrolls, sedikit turun dari 217,000 di bulan Mei, dan tingkat pengangguran diperkirakan tetap pada 6.3%. "Saya memperkirakan nonfarm payrolls akan mencapai angka 275,000. Menurutku tingkat pertumbuhan tenaga kerja saat ini, dikurangi naik turunnya data kemungkinan di sekitar 225,000, yang mana merupakan sebuah kemajuan dari 3 tahun sebelumnya, dan cukup kuat, dua kali lipat laju untuk mempertahankan tingkat pengangguran yang stabil sehingga tingkat pengangguran akan turun dengan cepat," ucap Mark Zandi, kepala ekonom pada Moody's Analytics.

Moody's mengumpulkan data payroll sektor swasta

ADP, dan data tersebut menunjukkan kenaikan sebanyak 281,000 pekerjaan pada hari Rabu. Sementara data tersebut tidak selalu berkorealasi dengan data tenaga kerja dari pemerintah, trader mengatakan data tersebut membantu dalam menentukan ekspektasi data tenaga kerja bulan Juni karena menjadi indikator arah yang lebih baik belakangan ini. Namun meski data tenaga kerja membaik dan menunjukkan pertumbuhan tenaga kerja di atas 200,000 pekerjaan, pasar juga akan fokus pada hal lain seperti jumlah pekerja yang putus asa dan tingkat partisipasi, yang berada pada 62.8% di bulan Mei.

"Menurutku kuncinya adalah pertumbuhan upah. Kita harus melihat adanya pertumbuhan pada tingkat upah, dan menurutku kita sudah cukup dekat. Sekalinya itu terjadi, persepsi orang-orang terhadap pasar tenaga kerja akan berubah secara dramatis," ucap Zandi. Sinyal positif lainnya untuk data nonfarm payrolls datang dari data klaim pengangguran yang turun menjadi 314,000, dan termasuk solidnya data pekerjaan pada laporan manufaktur ISM, yang flat pada 52.8, dan survey usaha kecil pada hari Rabu yang menunjukkan kenaikan tingkat pekerjaan.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search