Partai Sosialis Menangkan Pemilu Spanyol, Namun Tidak Menguasai Mayoritas Parlemen

Partai Sosialis Menangkan Pemilu Spanyol, Namun Tidak Menguasai Mayoritas Parlemen

Senin, 29 April 2019 07:48:44 WIB
Partai Pekerja Sosialis Spanyol berhasil memenangkan kursi terbanyak dalam pemilihan parlemen pada hari Minggu namun tidak mencapai suara mayoritas yang diperlukan untuk membentuk sebuah pemerintahan sendiri.

Berdasarkan perhitungan oleh kementrian dalam negeri dengan total sementara 95%, partai sosialis yang dipimpin oleh Perdana Menteri Pedro Sanchez telah meraih 123 kursi parlemen dari total 350. Sementara itu untuk partai Podemos mendapatkan 42 kursi, membuat kedua partai hanya kurang memiliki 11 kursi dari mayoritas. Ini berarti bahwa blok partai sayap kiri di negara tersebut belum memiliki keunggulan atas rivalnya sayap kanan dalam pemilihan umum nasional.

Partai People Party (PP) konservatif sayap kanan meraih hanya 65 suara, dengan partai sayap kanan-tengah Ciudadanos meraih 57 kursi dan partai sayap kanan lainnya Vox mendapatkan 24 kursi.

Sanchez meminta untuk diadakan pemilu pada bulan Februari. Ini datang setelah partai independen yang pro katalan, yang sebelumnya menjadi pendukung minoritas pemerintahan Sanchez, bergabung dengan oposisi sayap kanan dan menolak usulan anggaran pemerintah tahun 2019.

Sanchez telah memimpin pemerintahan untuk kurang dari setahun. Dia meraih kekuasaan pada bulan Juni 2018 setelah memenangkan voting no-confidence dari pemerintahan sebelumnya yang dipimpin oleh People Party, di bawah kepemimpinan Mariano Rajoy. Itu merupakan pemilu nasional Spanyol yang ketiga dalam empat tahun.

Hasil jajak pendapat dalam beberapa pekan terakhir secara konsisten mengisyartkan bahwa partai sosialis pimpinan Sanchez akan meraih suara besar dalam pemilu, namun tidak cukup untuk partai tersebut memerintah sendirian. Jajak pendapat juga menunjukkan kehadiran partai sayap kanan yang cukup besar untuk pertama kalinya sejak dipimpin oleh diktator Jenderal Francisco Franco, yang memerintah Spanyol hingga kematiannya pada tahun 1975.

Dalam beberapa pekan, jika tidak berlarut berberapa bulan, diskusi saat ini diperkirakan akan berjalan karena pihak-pihak yang bersebrangan berupaya membentuk aliansi untuk menciptakan pemerintahan koalisi.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search