Pasar Jepang Terus Dihantui Neraca Defisit

Pasar Jepang Terus Dihantui Neraca Defisit

Selasa, 22 Oktober 2013 14:03:58 WIB

Monexnews - Secara umum pasar Jepang hari ini (Selasa, 22/10) nampak lesu lantaran terbawa suasana pasar global yang kurang impresif ditambah masih merebaknya pesimisme investor terhadap perekonomian negeri Sakura pasca rilis data perdagangan Jepang yang mengecewakan.

Nilai kurs valuta yen kembali turut melemah di hari ke-2 nya pekan ini setelah pemerintah Jepang mencatatkan rekor defisit neraca perdagangan dalam 15 bulan berturut-turut di bulan September. Menurut Kementrian Keuangan Jepang di hari Senin (21/10), tingkat eksport di bulan September melambat 11.5% dari tahun sebelumnya dan menurun dari angka 14.7% di bulan Agustus. Sedangkan nilai import Jepang mengalami kenaikkan sebesar 16.5%, meningkat dari angka 16% pada bulan sebelumnya. Kenaikkan import terutama akibat tingginya harga energi yang terus menerus mengikis nilai angka total perdagangan Jepang.

Selisih dari nilai import dan eksport tersebut menghasilkan defisit neraca perdagangan bulan September sebesar 932.2 miliar yen ($9.5 billion), menyusut tipis dari angka di bulan Agustus sebesar 960.3 miliar. Namun angka itu membengkak dari estimasi pasar dan analis yang memperkirakan defisit sebesar 920 miliar, dalam poling Reuters.

Dan nilai ekspor Jepang yang merosot tersebut tak urung memicu spekulasi bahwa bank sentral Jepang (BOJ) akan menambah stimulus ke masyarakat. Kemarin, Gubernur BOJ Kuroda mengatakan bahwa pelonggaran kebijakan yang cenderung akan melemahkan kurs mata uang, tetap akan dipertahankan hingga tingkat inflasi stabil.

Dampak dari rilis data tersebut hingga hari ini membuat nilai kurs yen kembali melemah ke level 98.25 terhadap

dollar AS setelah sempat terjerumus hingga ke level 98.36. Sedangkan pada sesi penutupan hari Senin kemarin, yen berakhir ditutup pada level 98.18 setelah tergerus lemah hingga 98.24 yen, platform Reuters.(dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search