Pasar Menantikan Pernyataan Draghi Tentang Perkembangan Terkini Ekonomi Global

Pasar Menantikan Pernyataan Draghi Tentang Perkembangan Terkini Ekonomi Global

Kamis, 24 Januari 2019 18:30:29 WIB

Bagi banyak investor dan ekonom menantikan pernyataan dari Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengenai perkembangan ekonomi global saat ini. Mereka berharap Draghi mengakui risiko yang berkembang terhadap prospek ekonomi zona euro.

ECB secara luas diprediksi tidak menaikkan bunga di akhir pertemuan kebijakan moneter pertama tahun 2019 pada hari Kamis ini. Bank sentral telah menyatakan bahwa suku bunga tidak akan dinaikkan sampai setidaknya akhir musim panas. Pada bulan Desember lalu ECB mengakhiri pembelian aset bulanan, atau pelonggaran kuantitatif, sambil berkomitmen untuk mempertahankan neraca keuangan dengan menginvestasikan kembali hasil obligasi yang jatuh tempo.

Hal itu berarti konferensi pers pasca-pertemuan ECB akan fokus pada pernyataan Draghi tentang dampak perlambatan ekonomi saat ini terhadap kebijakan bunga rendah ECB.

Banyak perhatian kemungkinan akan diberikan pada bagian dari pernyataan pembukaan Draghi yang berkaitan dengan penilaian ECB tentang risiko terhadap prospek ekonomi zona euro, yang dalam bahasa bank sentral biasanya digambarkan sebagai condong ke atas, seimbang, atau condong ke bawah.

Pada bulan Desember, Draghi mengakui bahwa risiko terhadap ekonomi bergerak ke sisi negatifnya tetapi "masih dapat dinilai sebagai keseimbangan yang luas."


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search