Pasar Meragukan Kenaikan Bunga Fed Pekan Ini Akan Memicu Reli Dollar

Pasar Meragukan Kenaikan Bunga Fed Pekan Ini Akan Memicu Reli Dollar

Rabu, 26 September 2018 17:57:11 WIB

Investor meragukan kenaikan suku bunga yang sudah diprediksi pasar di FOMC pekan ini akan menghidupkan kembali reli dollar. Beberapa analis skeptis bahwa pengetatan moneter yang sudah diantisipasi pasar ini akan mampu memicu reli ini.

Eric Theoret, ahli strategi FX di Scotiabank, mengatakan dollar telah melemah sejak pertengahan Agustus dan kenaikan suku bunga untuk minggu ini dan Desember sudah priced in dalam nilai dollar sekarang. Bahkan nilai dollar di tahun depan sebagian sudah tergambar di pasar saat ini.

Indeks Dollar AS telah naik 2,1% pada tahun ini, tetapi telah turun lebih dari 1% selama sebulan terakhir, menurut FactSet. Penggerak mata uang ini tidak begitu jelas dibandingkan pada kuartal kedua tahun ini, ketika perbedaan suku bunga global mendorong greenback dan melebihi kekhawatiran atas perang perdagangan, anggaran kembar AS, defisit transaksi berjalan, dan gejolak politik.

Menjelang keputusan bunga nanti malam, sentimen positif yang mengelilingi the Fed telah berkurang. Dan sementara dolar masih lebih kuat dibandingkan mata uang negara-negara berkembang yang sensitif terhadap penyeimbangan neraca keuangan The Fed, penguatannya terhadap mata uang negara maju telah menyusut.

Steve Englander, kepala riset global G-10 FX di Standard Chartered mengatakan jika melihat pergerakan EURUSD pelaku pasar tidak percaya bahwa kenaikan bunga AS akan menyebabkan penguatan dollar yang terus-menerus.

Bank Sentral Eropa (ECB) tampaknya sedang memulihkan kepercayaannya, jika mengacu pada komentar terakhir dari kepala ECB Mario Draghi pada Senin pagi di mana dia memperkirakan inflasi zona euro akan meningkat.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search