PBOC Turunkan Nilai Yuan Lewati Batas Psikologis 6.900

PBOC Turunkan Nilai Yuan Lewati Batas Psikologis 6.900

Selasa, 09 Oktober 2018 14:40:40 WIB

China membiarkan mata uangnya tergelincir melewati batas psikologis di tengah pelemahan di pasar saham domestik. Aksi bank sentral China ini menekan mata uang negara berkembang lainnya.

Dengan momentum ekonomi China yang terus melemah bersamaan dengan meningkatnya tekanan dari Amerika Serikat, pelemahan mata uang atau devaluasi adalah langkah yang jelas. esulitan menembus level 7,0 pada akhir tahun adalah mungkin.

Bank sentral China (PBOC) menetapkan nilai yuan pada 6,9019 per dolar pada Selasa, sehingga menembus resisten 6,9000 dan mendorong spekulan untuk menaikkan dollar hingga 6,9120 yuan di pasar spot

Akibat langkah China ini, Departemen Keuangan Amerika Serikat tengah menimbang apakah akan menamai China sebagai manipulator mata uang.

"Jika konfrontasi perdagangan terus berlanjut, mata uang China akan turun dan itu akan menciptakan sejumlah besar masalah bagi ekonomi global," kata Alicia Levine, kepala strategi di BNY Investment Management.

Pejabat senior Departemen Keuangan AS menyatakan keprihatinan atas jatuhnya yuan, menambahkan bahwa tidak jelas apakah Menteri Keuangan Steven Mnuchin akan bertemu dengan pejabat China minggu ini.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search