Pelaksanaan Kesepakatan Dagang AS - Tiongkok Nampak Kembali Terganjal Penundaan

Pelaksanaan Kesepakatan Dagang AS - Tiongkok Nampak Kembali Terganjal Penundaan

Jum'at, 15 November 2019 15:07:13 WIB

Pernyataan penasihat Gedung Putih, Larry Kudlow, bahwa kesepakatan dagang AS - Tiongkok sudah mencapai perjanjian akhir, nampaknya kembali terganjal setelah kabar bahwa surat perjanjian yang harus ditanda-tangani oleh kedua negara belum selesai disusun.

Presiden AS, Donald Trump, dan Presiden Tiongkok, Xi Jinping, sebelumnya dijadwalkan menanda-tangani kesepakatan dagang di pekan depan, pada Pertemuan Puncak Perdagangan Asia Pasific, yang diadakan di Chili, karena aksi protes berkepanjangan di negara tersebut. Hingga hari ini, Jumat 15 November 2019 siang, AS - Tiongkok belum menyepakati tanggal dan tempat baru untuk melakukan pelaksanaan penanda-tanganan kesepakatan tersebut.

Topik yang masih dipandang menjadi pengganjal kesepakatan dagang tersebut adalah besarnya jumlah pembelanjaan sektor pertanian Tiongkok dari AS, kesepakatan penghapusan tarif inport yang diberlakukan oleh kedua belah pihak, dan hak intelektual sektor teknologi.

Ketua Federal Reserve AS, Jerome Powell, memandang pertumbuhan ekonomi AS masih dalam tahap yang baik, tetapi berlanjutnya perang dagang AS - Tiongkok masih akan menjadi penyebab turunnya tingkat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan fokus pasar terhadap setiap kabar perkembangan pesepakatan dagang dan bereaksi terhadap pasar.

Bila Trump dan Xi sudah menyepakati tanggal dan lokasi penanda-tanganan kesepakatan dalam waktu dekat, akan memberikan optimisme yang tinggi terhadap aset-aset berisiko dan minyak mentah. Sebaliknya penundaan berkepanjangan hanya akan memperkeruh proyeksi pertumbuhan ekonomi global.


(Andian)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search