Pelemahan Yuan Berdampak Negatif ke Ekonomi Asia

Pelemahan Yuan Berdampak Negatif ke Ekonomi Asia

Kamis, 26 Juli 2018 16:22:31 WIB

Perang perdagangan antara Amerika Serikat dan China memberi dampak pada kebijakan bank sentral China yang melemahkan yuan. Selain karena dollar sedang menguat karena kenaikan bunga Federal Reserve dua kali di tahun ini, People Bank of China (PBOC) beberapa kali dengan sengaja melemahkan nilai mata uang yuan agar ekspor China bersaing.

Hal ini berdampak pada melemahnya bursa saham China dan juga ke sektor usaha lain di China yang melambat akibat bahan mentah yang didatangkan dari luar China menjadi lebih mahal, selain utang luar negeri korporasi di China yang makin membebani. Hal ini dikhawatirkan Jepang, mitra dagang besar China, akan berdampak ke ekonomi kawasan Asia.

Menteri Keuangan Jepang Taro Aso kini diberitakan, melalui Reuters, mengomentari pelemahan Yuan dan kekhawatiran perdagangan China.

Aso menyebutkan jika Yuan melemah karena kenaikan suku bunga AS, akan mengganggu ekonomi lainnya di kawasan. Aso menambahkan China hanya menggunakan perdagangan bebas ketika mereka merasa nyaman.

PBOC juga telah menaikkan bunga beberapa waktu lalu yang menyebabkan dunia usaha di sana mengalami perlambatan. Laporan semester pertama perusahaan-perusahaan properti di China diperkirakan menunjukkan perlambatan pendapatan.

Beberapa dari mereka menghadapi lonjakan tajam dalam biaya bunga pinjaman dan kerugian mata uang asing pada pinjaman luar negeri yang membengkak, baik pokok maupun bunga, dan pukulan bisa lebih keras di semester kedua ini.

China sendiri merupakan negara tujuan ekspor dari negara-negara Asia, seperti batu bara dari Indonesia dan bahan tambang mineal dari Australia dan juga ekspor mobil dari Jepang sehingga perlambatan ekonomi di sana berdampak pada negara-negar sekitar.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search