Peluang RBNZ Pangkas Bunga Capai 50%

Peluang RBNZ Pangkas Bunga Capai 50%

Senin, 13 Juni 2016 14:21:41 WIB

Monexnews - Imre Speizer, Analis Riset Seniot di Westpac, mengatakan pasar memperkirakan peluang bank sentral Selandia Baru atau Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) memangkas suku bunga acuan atau Official Cash Rate (OCR) di Agustus nanti mencapai 50%. Potensi ini dinilai wajar jika melihat kondisi perekonomian Selandia Baru saat ini dan juga data-data ekonomi yang akan keluar dua bulan ke depan hingga pertemuan petinggi RBNZ.

Pekan lalu RBNZ menunda pemangkasan bunga lebih lanjut. Ini mempertahankan pelonggaran, dan pemangkasan lebih lanjut di Agustus cenderung terjadi dibandingkan tidak, tapi ini sulit diubah. Hal ini akan tergantung pada apa yang terjadi di perekonomian Selandia Baru dan juga faktor global di bulan-bulan akan datang. Khususnya, kekuatan dollar Selandia Baru akan ditimbang terhadap tekanan yang berasal dari data pasar perumahan. Dan ada tanda-tanda awal bahwa inflasi dapat berbalik dari tingkat yang sangat rendah, sehingga hasil indeks konsumen kuartal dua (diterbitkan pada bulan Juli) akan menjadi penting.

Di Maret lalu RBNZ telah memangkas bunga acuan sebeasr 25 basis poin (bps) menjadi 2,25%, angka ini terendah dalam sejarah perekonomian Selandia Baru.(Irdy)


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search