Peluang Tidak Tercapainya Kesepakatan Brexit  Membesar

Peluang Tidak Tercapainya Kesepakatan Brexit Membesar

Senin, 15 Oktober 2018 15:12:23 WIB

Juru bicara Brexit Partai Unionis Demokratik (DUP) Irlandia Utara Sammy Wilson mengatakan tidak tercapainya kesepakatan Brexit mungkin hal yang tak terelakkan.

Mentoknya pembicaraan di akhir pekan lalu ini membuat Sterling melorot tajam di awal pekan ini dengan level terendah di 1.3080, atau terpangkas 70 pip dari penutupan akhir pekan.

Pembicaraan Brexit tersendat pada pembahasan pengaturan perbatasan antara provinsi Inggris Irlandia Utara dan Irlandia yang merupakan anggota Uni Eropa. Pihak Uni Eropa menginginkan adanya perbatasa tegas antara Irlandia dengan Irlandia Utara dan adanya pemeriksaan bea cukai sementara Inggris menolak adanya pos perbatasan memisahkan dua Irlandia ini.

Uni Eropa kemudian melunak dengan mengijinkan orang dari Irlandia Utara saja yang bebas melintas ke Irlandia namun Irlandia Utara akan secara efektif tetap tunduk pada peraturan blok Eropa untuk menghindari adanya pos perbatasan di pulau Irlandia ini namun DUP menegaskan jangan ada diskriminasi antara warga Irlandia Utara dan warga Inggris lainnya. DUP merupakan partai yang berkoalisi dengan Partai Konservatif pemenang Pemilu Inggris.

Tercatat ada sekitar 30.000 orang melintasi perbatasan 500 km setiap hari tanpa pemeriksaan bea cukai atau imigrasi. Karena itulah, negosiator harus mencari cara untuk memperketat kontrol tanpa menimbulkan ketegangan di wilayah yang mengalami gejolak berdarah selama beberapa dekade sebelum kesepakatan damai di tahun 1998.

"Mengingat cara Uni Eropa berperilaku, tidak ada kesepakatan yang dapat saya lihat saat ini yang akan membuat mayoritas anggota House of Commons menyetujuinya," Sammy Wilson mengatakan kepada Belfast News Letter. "Jadi itu mungkin tak terelakkan bahwa kita akan berakhir dengan skenario tidak ada kesepakatan."

Wilson mengatakan dia percaya tawaran saat ini dari Uni Eropa "jauh lebih buruk" daripada tidak ada kesepakatan.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search