Pemerintah Jepang Upgrade Proyeksi Ekonominya

Pemerintah Jepang Upgrade Proyeksi Ekonominya

Rabu, 27 Februari 2013 15:52:58 WIB

Monexnews - Pemerintah Jepang menaikkan proyeksi ekonomi domestik untuk bulan ke-dua secara beruntun di Februari ini. Tokyo menilai bahwa perekonomian beranjak naik berkat perbaikan kinerja ekspor dan konsumsi rumah tangga. Pelemahan nilai tukar Yen dan kenaikan indeks saham turut berperan dalam proses kemajuan ekonomi dalam negeri. Dalam laporan bulanan yang dirilis hari ini, pemerintah mengakui bahwa ekonomi masih dalam fase deflasi ringan. Namun di beberapa sektor, termasuk produksi industri dan kepercayaan bisnis, aura kemajuan mulai tampak. "Perekonomian Jepang berangsur membaik walaupun perlambatan masih terjadi di beberapa sektor," demikian bunyi laporan tersebut. Pelemahan gairah ekonomi akan tetap terjadi namun indikasi perbaikan akan terlihat satu per satu berkat dukungan dari naiknya tingkat kepercayaan, kondisi ekspor dan efek dari paket kebijakan moneter pemerintah. Untuk kali pertama sejak Januari dan Februari 2011, saat musibah gempa dan tsunami melanja Jepang, laporan penilaian pemerintah mengalami upgrade sebanyak dua kali.

Optimisme Tokyo kian kuat di tengah desas-desus munculnya nama Kepala Asian Development Bank, Haruhiko Kuroda, sebagai calon Gubernur Bank of Japan. Pelaku pasar berharap kepemimpinan BOJ yang baru dapat mempromosikan pelonggaran moneter baru yang bisa menghentikan iklim deflasi yang sudah berlangsung lama. Perdana Menteri Shinzo Abe juga sudah meminta BOJ untuk lebih agresif dalam upaya menaikkan harga-harga konsumen.

"Efek kebijakan moneter pemerintah dan langkah lanjutan BOJ mendukung optimisme ekonomi," ujar reporter resmi pemerintah. Secara khusus, pelaku pasar keuangan telah mempelajari berbagai kemungkinan dinamika ekonomi Jepang seperti kenaikan harga-harga dan indikasi pemulihan dari berbagai sektor penting. "BOJ sekarang bertugas mengejar target inflasi 2% melalui pelonggaran moneternya," demikian salah satu bagian dalam laporan epnilaian pemerintah.

(dim)


(dim)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search