Pemerintah Tiongkok Minta BUMN Hentikan Impor Produk Pertanian Dari AS

Pemerintah Tiongkok Minta BUMN Hentikan Impor Produk Pertanian Dari AS

Senin, 05 Agustus 2019 16:54:23 WIB
Pemerintah Tiongkok telah meminta perusahaan milik negara untuk menunda impor produk pertanian AS setelah Presiden trump meningkatkan eskalasi dagang dengan mereka pada pekan lalu, dikatakan oleh orang-orang yang mengetahui hal tersebut.

Perusahaan-perusahaan pertanain yang dikelola oleh pemerintah Tiongkok saat ini telah berhenti membeli barang-barang pertanian Amerika, dan sedang menunggu untuk melihat bagaimana perkembangan negosiasi dagang, ungkap narasumber tersebut yang minta dirahasiakan identitasnya karena tidak berwenang berbicara kepada media. Sejauh ini, kementrian perdagangan Tiongkok belum merespon faks yang menanyakan hal tersebut.

Presiden Trump pada hari Kamis mengusulkan penambahan tarif sebesar 10% untuk impor Tiongkok sebesar $300 miliar mulai 1 September, ini menandai peningkatakn mendadak perang dagang di antara dua negara dengan tingkat ekonomi terbesar di dunia setelah kedua belah pihak memulai kembali perundingan. Birokrat di Beijing terpana dengan pengumuman Trump, menurut pejabat Tiongkok yang telah terlibat dalam pembicaraan perdagangan, dan Beijing berjanji akan merespon jika AS bersikeras menambahkan tarif tambahan.

Trump telah berulang kali mengeluh bahwa Tiongkok belum melakukan "pembelian produk pertanian AS dalam jumlah yang besar" yang dia klaim Presiden Xi Jinping janjikan ketika mereka bertemu di Osaka pada pertemuan KTT G-20. Meningkatnya ketegangan telah mendorong pembeli dari Tiongkok untuk beralih ke kedelai Brasil, ungkap orang yang mengetahui situasi tersebut.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search