Pemulihan Ekonomi Jepang Di Bulan Mei Kembali Berikan Bukti Atas Stratgi Abe

Pemulihan Ekonomi Jepang Di Bulan Mei Kembali Berikan Bukti Atas Stratgi Abe

Jum'at, 28 Juni 2013 17:03:11 WIB

Monexnews - Perekonomian Jepang menguat di bulan Mei seiring angka produksi pabrik meningkat ke level tertinggi sejak Desember 2011, penjualan retail naik dan harga konsumen menghentikan penurunan dalam enam bulan, data tersebut memperkuat dorongan untuuk Perdana Menteri Shinzo Abe untuk akhiri deflasi.

Harga konsumen yang tidak termasuk makanan segar angkanya tidak berubah dari tahun lalu sebelum melemahnya yen yang membuat naiknya biaya utilitas pada kecepatan tinggi dalam hampir lima tahun. Harga yang tidak temasuk makanan segar dan energi turun sebesar 0.4% di bulan Mei dari setahun yang lalu, dilaporkan oleh Biro Statistik Nasional di Tokyo hari ini. Produksi industri menguat sebesar 2% dari bulan April yang di dorong oleh permintaan dari perusahaan listrik. Sementara penjualan ritel menguat sebesar 1.5% dari bulan sebelumnya.

Serangkaian data hari ini memberikan abe bukti bahwa strategi stimulusnya dalam kampanye pemilu telah memperkuat posisinya sebelum pemilihan MPR pada bulan depan. Mereka mungkin juga akan melonggarkan tekanan pada Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda untuk menambahkan stimulus moneter setelah maraknya aksi jual di bursa.

Kebijakan pemerintah dan BOJ bekerja dalam hal meningkatkan aktivitas ekonominya, kata Takuji Okubo, kepala ekonom di Japan Macro Advisors di Tokyo. Pada saat yang sama, untuk pemulihan Jepang dari deflasi selama dua dekade, itu akan membutuhkan beberapa tahun untuk mencapai kinerja yang baik pada perkonomian.

(fsyl)


(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search