Penerbitan Sukuk Negara Ritel Seri SR-006 Terbesar Sepanjang Sejarah

Penerbitan Sukuk Negara Ritel Seri SR-006 Terbesar Sepanjang Sejarah

Kamis, 06 Maret 2014 10:27:05 WIB

Monexnews - Penerbitan Sukuk Negara Ritel seri SR-006 pada Rabu (5/3) merupakan yang terbesar sepanjang sejarah. Hal ini sekaligus menunjukkan masih adanya potensi perluasan basis investor Surat Berharga Negara (SBN) domestik dan peningkatan efisiensi penempatan dana masyarakat.

Seperti diketahui, pada Senin (3/3) lalu, Direktur Jenderal Pengelolaan Utang atas nama Menteri Keuangan telah melaksanakan penjatahan Sukuk Negara Ritel Seri SR-006. Hingga penutupan masa penawaran, jumlah total pemesanan yang masuk melalui agen penjual mencapai Rp19.354,490 miliar. Namun, Dirjen Pengelolaan Utang menetapkan penjatahan Sukuk Negara Ritel seri SR-006 sebesar Rp19.323,345 miliar.

Penetapan tersebut dilakukan dengan beberapa pertimbangan, pertama, jumlah tersebut sesuai dengan target pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan strategi pengelolaan utang tahun 2014. Kedua, penetapan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan profil SBN yang akan jatuh tempo pada tahun 2017. Ketiga, memberikan ruang untuk penerbitan jenis instrumen Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang lain.

Sebagai informasi, Sukuk Negara Ritel seri SR-006 diterbitkan pada 5 Maret 2014 dan akan jatuh tempo pada 5 Maret 2017. Akad yang digunakan adalah ijarah asset to be leased. Sukuk Negara Ritel seri SR-006 ini dapat diperdagangkan (tradable) dengan holding period selama 1 periode kupon. Tingkat imbalan yang ditetapkan untuk sukuk ini adalah sebesar 8,75 persen (fixed rate), yang akan dibayarkan pada tanggal 5 setiap bulannya.(wa)

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa perubahan (dim)


(dim)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search