Penjualan Retail China Melemah Tandai Perlambatan Ekonomi

Penjualan Retail China Melemah Tandai Perlambatan Ekonomi

Rabu, 14 November 2018 16:27:31 WIB

Data ekonomi China yang dirilis pada Rabu (14/11/2018) ini variatif. Namun, secara keseluruhan, menunjukkan berlanjutnya tekanan pada ekonomi terbesar kedua dunia ini.

Penjualan retail melambat di Oktober menunjukkan penurunan konsumsi masyarakat namun output industri dan investasi tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan dan mengisyaratkan mulai terasanya efek positif dari kebijakan stimulus yang digulirkan pemerintah China.

Data penjualan retail di China selama Oktober hanya tumbuh 8,6 persen, lebih rendah dari prediksi dan juga September yang sama-sama 9,2 persen.

Pertumbuhan pada investasi properti di Oktober turun ke level terendah dalam 10 bulan dan penjualan rumah melanjutkan penurunan September karena pengembang menahan rencana ekspansi dalam menghadapi pelemahan permintaan.

Di sisi lain, output industri naik 5,9 persen pada Oktober, melampaui perkiraan analis, kata Biro Statistik Nasional (NBS) pada hari Rabu. Melansir Reuters, produksi pabrik diperkirakan tumbuh 5,7 persen, turun dari 5,8 persen pada September.

Dampak dari perang dagang AS-China yaitu pengenaan tarif impor pada barang asal China menyebabkan lemahnya aktivitas ekspor. Dari domestik, kebijakan mengamankan pinjaman berisiko telah menurunkan aktivitas bisnis.

Untuk memberi stimulus ekonomi, pemerintah mempercepat proyek-proyek infrastruktur, mendorong bank untuk meningkatkan pinjaman dan memotong pajak.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search