Perang Dimulai, China Balas Kebijakan Tarif Impor Untuk AS

Perang Dimulai, China Balas Kebijakan Tarif Impor Untuk AS

Selasa, 18 September 2018 22:31:25 WIB

Kekhawatiran eskalasi perang dagang antara AS-China semakin nyata setelah adanya laporan bahwa pihak China akan membalas sikap AS dengan menaikkan tarif impor barang AS dengan nilai $60 milyar. Kabarnya tarif impor tersebut akan diberlakukan secara efektif pekan depan per 24 September.

Waktu pemberlakuan tarif impor tersebut sama dengan waktu pemberlakuan tarif impor China dari AS. Kemarin pihak Presiden Trump telah resmi mengumumkan bahwa barang China dengan nilai $200 milyar akan dikenakan kenaikan tarif impor 10%. Bahkan kenaikan akan dilakukan secara bertahap hingga mencapai kenaikan 25% pada 1 Januari 2019 mendatang.

Sikap pemerintah China yang akan menghadapi kebijakan Trump tersebut dibukti dengan pembalasan tarif impor yang sama. Tarif impor AS dari China kini mengincar 5207 produk AS yang akan dikenakan tarif antara 5% - 10%. Tampaknya hubungan dagang AS-China akan semakin memanas.

Sebelumnya rencana pihak AS yang akan melakukan pertemuan dagang dengan China kenyataannya tidak meredakan hubungan mereka. Pasalnya, jadwal pertemuan antara dua negara ekonomi terbesar dunia tersebut saja belum ditentukan.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search