Perekonomian Jepang Tumbuh Lebih Tinggi Dari Perkiraan

Perekonomian Jepang Tumbuh Lebih Tinggi Dari Perkiraan

Jum'at, 10 Agustus 2018 11:28:03 WIB
Setelah mengalami kontraksi di kuartal I 2018, perekonomian Jepang bangkit di kuartal II bahkan mencatat pertumbuhan yang melebehi perkiraan para ekonom. Data ini menjadi sentimen positif bagi kurs yen.

Data dari pemerintah Jepang menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang dilihat dari gross domestic product (GDP) sebesar 0,5% di kuartal II, tumbuh dari kuartal II ketika mengalami kontraksi (-0,2%). Sebelumnya para ekonom memperkirakan perekonomian Jepang akan tumbuh 0,3%.

Konsumsi dalam negeri dikatakan menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi Jepang. Konsumsi tersebut berkontribusi sebesar 60% dari total GDP, dan mencatat pertumbuhan sebesar 0,7%. Selain itu belanja modal juga mencatat pertumbuhan yang bagus, sebesar 1,3% dan menjadi yang tertinggi sejak kuartal IV 2016.

Sementara itu situasi perdagangan internasional masih kurang bagus untuk Jepang, dimana impor tercatat lebih besar daripada ekspor sehingga menghasilkan defisit, yang mengurangi GDP sebesar 0,1%.

Amerika Serikat yang merupakan mitra dagang terbesar Jepang saat ini sedang menekan Pemerintahan PM Shinzo Abe untuk menyepakati perjanjian dagang bilateral yang baru. Presiden AS Donald Trump bahkan mengancam Jepang akan mengenakan tarif impor tinggi untuk sektor otomotif.
(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search