Perlambatan Ekonomi Global Dikhawatirkan Tingkatkan Impor AS

Perlambatan Ekonomi Global Dikhawatirkan Tingkatkan Impor AS

Kamis, 28 Maret 2019 15:55:41 WIB

Defisit neraca perdagagangan AS dengan mitra dagang luar negerinya semakin menyempit. Defisit perdagangan AS turun hampir 15 persen pada Januari dibandingkan dengan Desember, sebagian besar disebabkan oleh penurunan impor dari China, Departemen Perdagangan melaporkan Rabu.

Penurunan di Januari membalikkan sebagian besar kesenjangan perdagangan yang diposting pada bulan terakhir 2018, tahun yang mencatat defisit melonjak ke rekor 10-tahun, meskipun kebijakan tarif agresif diterapkan Presiden Donald Trump.

Beberapa ekonom mengatakan bahwa hal itu dapat menambah pertumbuhan AS pada kuartal pertama tahun ini. Meskipun demikian, momentum ekspor mungkin terhambat oleh pendinginan ekonomi global, sementara dollar yang kuat malah mendorong impor.

Friksi perdagangan AS-China yang dipicu penerapan tarif impor saling berbalasan sejak pertengahan tahun lalu telah menjadikan dollar sebagai mata uang safe haven saat situasi perang dagang memanas. Di sisi lain, dampak perang dagang ini adalah memperlambat perekonomian global sehingga malah menghambat ekspor AS.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search