Pertumbuhan Ekonomi China Capai Terendah dalam 27 Tahun

Pertumbuhan Ekonomi China Capai Terendah dalam 27 Tahun

Senin, 15 Juli 2019 16:16:00 WIB

Pertumbuhan ekonomi China melambat menjadi 6,2% pada kuartal kedua, laju terlemahnya dalam setidaknya 27 tahun, karena permintaan di dalam dan luar negeri goyah dalam menghadapi tekanan perdagangan AS yang meningkat.

Sementara output pabrik Juni yang lebih optimis dan penjualan ritel yang naik selama Juni menawarkan tanda-tanda perbaikan, beberapa analis memperingatkan kenaikan itu mungkin tidak berkelanjutan, dan berharap Beijing akan terus meluncurkan langkah-langkah stimulus lebih banyak dalam beberapa bulan mendatang.

Mitra dagang dan pasar keuangan China mengamati dengan seksama kesehatan ekonomi terbesar kedua di dunia itu ketika perang perdagangan China-A.S menjadi lebih lama dan lebih mahal, memicu kekhawatiran resesi global.

Data pertumbuhan Senin menandai hilangnya momentum untuk ekonomi dari pertumbuhan 6,4% pada kuartal pertama, menambah harapan bahwa Beijing perlu berbuat lebih banyak untuk meningkatkan konsumsi dan investasi dan memulihkan kepercayaan bisnis.

Kecepatan April-Juni, sejalan dengan ekspektasi analis, adalah yang paling lambat sejak kuartal pertama 1992, data triwulanan paling awal yang tercatat.

Akibat data ini, pertumbuhan China di paruh kedua diperkirakan bisa melambat menjadi 6% hingga 6,1%. Itu akan menguji ujung bawah kisaran target 2019 Beijing 6-6,5%.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search