Pertumbuhan Ekonomi China Terlemah dalam 9 Tahun

Pertumbuhan Ekonomi China Terlemah dalam 9 Tahun

Jum'at, 19 Oktober 2018 13:29:46 WIB

Perekonomian China tumbuh pada laju paling lambat selama sembilan tahun pada kuartal ketiga, sebagai akibat pengetatan penyaluran utang oleh permintah untuk mengatasi meningkatnya utang sejak ledakan ekonomi China, dan juga dampak dari friksi perdagangan dengan AS.

Data ekonomi ini diharapkan akan membuat pemerintah China mengeluarkan kebijakan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi seperti stimulus karena investor semakin khawatir tentang capital outflow berupa uang tunai dari negara itu. Hal ini beralasan jika melihat yuan yang kian melemah dan pasar saham jatuh ke posisi terendah empat tahun.

Ekonomi terbesar kedua di dunia mengalami pertumbuhan ekonomi pada tingkat tahunan 6,5 % pada kuartal ketiga, meleset dari perkiraan 6,6 % dan turun dari laju pertumbuhan kuartal sebelumnya 6,7 %.

Data lain dirilis pemerintah China hari ini menunjukkan bahwa produksi industri naik 5,8 % di tingkat tahunan pada September - jauh di bawah perkiraan 6 % dan angka bulan sebelumnya 6,1 %.

"Dihadapkan dengan kondisi perdagangan yang sangat kompleks di luar negeri dan tugas yang menakutkan untuk reformasi dan pembangunan di rumah, pertumbuhan ekonomi China tetap stabil, kata juru bicara NBS, Mao Shengyong.

China berada di tengah-tengah perang perdagangan yang semakin sengit dengan Amerika Serikat, dengan kedua belah pihak saling menerapkan tarif pada barang asal kedua negara senilai ratusan miliar dollar yang telah menimbulkan kekhawatiran tentang dampaknya terhadap ekonomi global.

Kebuntuan negosiasi China-AS datang di saat yang sulit bagi Beijing, yang berjuang untuk mengatasi utang yang menggunung, dengan pengetatan kredit dan investasi infrastruktur yang menurun.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search