Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Melambat di Tahun 2014

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Melambat di Tahun 2014

Kamis, 05 Februari 2015 12:56:34 WIB

Monexnews - Pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2014 berjalan pada laju yang paling lemah dalam lima tahun terakhir di tengah kejatuhan harga komoditas dan meredanya jumlah investasi.

Biro statistik di Jakarta pada hari Kamis melaporkan bahwa pertumbuhan di negara dengan tingkat ekonomi terbesar di Asia Tenggara tersebut sebesar 5.02% di tahun 2014, dari pertumbuhan tahun lalu yang direvisi menjadi 5.58%.

GDP Indonesia di kuartal keempat naik sebesar 5.01% dari setahun yang lalu, naik dari 4.92% pada kuartal sebelumnya.

Presiden Joko Widodo, yang mulai menjabat sebagai Presiden di bulan Oktober, mewarisi ekonomi yang sedang berjuang dengan rendahnya investasi di infrastruktur, turunnya harga komoditas dan penarikan stimulus dari AS. Dia pada awal pekan ini mengatakan bahwa dia masih menargetkan ekspansi ekonomi sebesar 5.7% di tahun 2015, dengan berjanji akan mempercepat proyek transportasi, menaikan penerimaan pajak dan memangkas jalur birokrasi untuk menarik investasi.

Gundy Cahyadi, ekonom di DBS Group Holdings Ltd di Singapura sebelum data dirilis mengatakan bahwa pertumbuhan investasi di Indonesia masih lemah dan masih ada beberapa tanda dari pertumbuhan konsumsi swasta yang moderat. Dia perkirakan bahwa pertumbuhan GDP akan kembali memantul ke level 5.5% di tahun 2015, di balik pengeluaran fiskal yang lebih tinggi pada tahun ini.

Nilai ekspor turun sebesar 13.8% di bulan Desember dari setahun yang lalu, sering merosotnya harga minyak telah melukai pada produsen komoditas di seluruh dunia. Indonesia mengekspor minyak sawit, karet, minyak mentah, batu bara, timah dan sumber daya alam lainnya.

(fsyl)


(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search