Pertumbuhan Ekonomi Zona Euro Cenderung Melambat

Pertumbuhan Ekonomi Zona Euro Cenderung Melambat

Selasa, 15 Januari 2019 17:06:37 WIB

Pertumbuhan ekonomi kawasan Euro telah melambat secara material karena kontraksi berbasis luas dalam output industri, demikian pendapat analis di TD Securities, Selasa.

"Kami mengaitkan penurunan ini dengan beberapa perubahan sekaligus ketidakpastian atas perdagangan dan Brexit. Penggerak yang paling menonjol adalah transisi yang lebih lambat dari tes emisi Uni Eropa, kemacetan transportasi dan goncangan perdagangan. "

TD Securities melihat ruang untuk pemulihan di Q1, meskipun ada beberapa perkembangan yang mengkhawatirkan dalam aktivitas industri. Ketidakpastian kebijakan perdagangan tetap menjadi risiko utama.

Lebih jauh, TD Securities mengungkapkan sektor-sektor ekonomi yang lebih fokus pada domestik tampak solid, dengan daya tahan konsumen, percepatan upah, dan pertumbuhan kredit yang kuat. Selain mencegah limpahan ke konsumen dan kelemahan yang berlarut-larut di sisi industri, TD Securities memperkirakan kenaikan bunga ECB pada September 2019.

Pernyataan TD Securities keluar dengan selisih waktu yang tidak lama dengan rilis data GDP Jerman. Perekonomian negara tersebut hanya tumbuh 1,5 persen pada tahun 2018, tingkat terlemah dalam lima tahun dan perlambatan yang jelas dari tahun sebelumnya, perkiraan awal dari Kantor Statistik Federal menunjukkan pada hari Selasa.

Ekonomi terbesar Eropa sedang berjuang dengan pendinginan ekonomi global, perselisihan perdagangan dipicu oleh kebijakan 'American First' Presiden AS Donald Trump dan risiko Inggris meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan pada bulan Maret.

"Kami mempertahankan prospek strategis bullish pada EURUSD untuk saat ini, tetapi perkembangan terakhir telah mengubah tingkat keyakinan kami menjadi lebih moderat," pungkas riset TD Securities.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search