Pertumbuhan Ekspor China Diperkirakan Melambat di Bulan Januari

Pertumbuhan Ekspor China Diperkirakan Melambat di Bulan Januari

Selasa, 11 Februari 2014 08:46:18 WIB

Monexnews - Tingkat pertumbuhan sektor ekspor impor China diperkirakan akan melambat di bulan Januari, menurut hasil survey Reuters, menggarisbawahi perlambatan pada negara perekonomian terbesar kedua di dunia, meski dampak hari libur Tahun Baru Imlek mungkin akan melebih-lebihkan penurunan momentum. Pelemahan pada sektor impor China dapat berimbas buruk bagi negara lainnya, terutama bagi negara eksportir besar komoditas seperti Australia. HSBC memperkirakan China akan mengalahkan Amerika Serikat sebagai importir terbesar di dunia tahun ini.

Sementara itu tingkat

pinjaman bank di China diperkirakan akan mengalami kenaikan musiman di bulan Januari seiring bank-bank mendapat quota pinjaman yang baru pada setiap bulan Januari setiap tahunnya, menunjukkan tingkat permintaan yang relatif stabil dari perekonomian riil. Banyak ekonom memperkirakan sedikit perlambatan pada perekonomian China di tahun 2014 seiring pemerintah mencoba untuk mempertahankan pertumbuhan yang lebih lambat namun dengan kualitas lebih baik untuk mengurangi ketergantungan pada investasi dan mencapai perkembangan yang stabil.

"Mengingat situasi ekonomi yang stabil tahun lalu dan meningkatnya ekspektasi pengusungan reformasi, pertumbuhan ekonomi sedang menghadapi tekanan yang tinggi dalam jangka pendek," ucap Xie Yaxuan, ekonom pada China Merchant Securities. Kecemasan hilangnya momentum yang lebih tajam dari perkiraan di China dipercaya akan menjadi salah satu faktor pemicu aksi jual pada pasar keuangan global di bulan Januari, dengan pasar negara berkembang yang terkena dampaknya paling keras.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search