Pertumbuhan Kredit China Melambat Di Tengah Melonjaknya Cadangan Devisa

Pertumbuhan Kredit China Melambat Di Tengah Melonjaknya Cadangan Devisa

Rabu, 15 Januari 2014 10:54:06 WIB

Monexnews -

Nilai ukuran secara luas pada jumlah kredit baru di China turun di bulan Desember sementara pertumbuhan pasokan uang dan pinjaman yuan baru membuntuti estimasi di tengah krisis uang tunai dan upaya pemerintah untuk membatasi pinjaman yang spekulatif.

Jumlah agregat pembiayaan sebanyak 1.23 triliun yuan ($204 milyar), kata People Bank of China pada hari ini di Beijing. Itu di bandingkan dengan total sebanyak 1.63 triliun yuan pada tahun sebelumnya. Cadangan devisa China, yang merupakan terbesar di dunia, naik ke rekor tertinggi di level $3.82 triliun pada akhir Desember dari $3.66 triliun pada bulan November.

Rekor penurunan dalam kredit baru di semester kedua di atur untuk membatasi laju ekspansi ekonomi pada tahun ini seiring pembuat kebijakan fokus untuk mengontrol resiko keuangan dan menerapkan reformasi secara luas yang belum pernah terjadi sejak tahun 1990. Penumpukan utang China telah meninmbulkan perbandingan terhadap Jepang sebelum sedekade yang lalu dan di mulainya krisis financial di Asia.

Gambaran kedepan adalah untuk perlambatan pertumbuhan kredit, kata Yao Wei, seorang ekonom China di Societe Generale SA di Hong Kong. Bank sentral telah melakukan intervensi dalam skala yang sangat besar, dan jelas ada tekanan yang kuat untuk yuan naik, tambahnya, dalam mengomentasi besarnya cadangan devisa China.

Pinjaman yuan baru sebanyak 482.5 milyar yuan di bulan Desember dan pasokan uang M2 naik menjadi 13.6% dari setahun yang lalu, kata bank sentral.

Para analis yang di survey oleh Bloomberg proyeksikan agregat pembiayaan keuangan sebesar 1.14 triliun yuan, pinjaman mata uang lokal baru sebanyak 570 milyar yuan dan pertumbuhan pasokan uang sebanyak 13.9%, berdasarkan hasil estimasi median.

(fsyl)


(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search