Perundingan Brexit Masih Menemui Jalan Buntu

Perundingan Brexit Masih Menemui Jalan Buntu

Kamis, 07 Maret 2019 18:10:05 WIB

Uni Eropa mengatakan solusi untuk kebuntuan Brexit tetap sulit ditemukan setelah pembicaraan terbaru dengan Inggris dilakukan beberapa minggu sebelum deadline Brexit 29 Maret mendatang.

Kepala perunding Uni Eropa Michel Barnier memberikan penjelasan setelah bertemu dengan rekan-rekannya dari Inggris Selasa malam di tengah upaya untuk mendapatkan kesepakatan perpisahan melalui parlemen di London.

Barnier memberi tahu Komisi Eropa, badan eksekutif UE, bahwa "sementara pembicaraan berlangsung dalam suasana yang konstruktif, diskusi berlangsung sulit," kata juru bicara komisi Margaritis Schinas.

Barnier menambahkan bahwa "tidak ada solusi yang diidentifikasi pada titik ini yang konsisten dengan perjanjian penarikan," kata Schinas dalam konferensi pers.

Perdana Menteri Theresa May menyetujui perjanjian penarikan pada bulan November, tetapi parlemen Inggris menolaknya saat pemungutan suara pada bulan Januari dan anggota parlemen memberi kesempatan May untuk memperbaiki.

Barnier bertemu Selasa dengan jaksa agung Inggris Geoffrey Cox dan menteri Brexit Stephen Barclay saat makan malam di ibukota Belgia.

Kedua belah pihak telah mengeluarkan sinyal konsiliatif menjelang empat jam aksi duduk meningkatkan harapan bahwa kemajuan itu mungkin terjadi.

Namun Barnier menegaskan kedua pihak tetap terjebak pada apa yang disebut sebagai "backstop" yang bertujuan untuk menjamin perbatasan terbuka antara anggota UE Irlandia dan Inggris Irlandia Utara setelah Brexit.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search