PM May Dilaporkan Tengah Siapkan Proposal Soft Brexit

PM May Dilaporkan Tengah Siapkan Proposal Soft Brexit

Kamis, 04 Oktober 2018 18:00:22 WIB

Perdana Menteri Inggris Theresa May dilaporkan sedang menggarap proposal baru yang berisi rencana bahwa ada kemungkinan Inggris akan masih bergabung pada aturan bea cukai Uni Eropa dan diam-diam sudah memegang suatu kesepakatan dengan Irlandia pasca-Brexit nanti.

Laporan tersebut dikemukakan oleh harian Financial Times hari ini. Harian tersebut juga mengatakan bahwa masih bergabungnya Inggris dalam aturan bea cukai Uni Eropa merupakan salah satu skenario yang diambil jika nanti pada ujungnya tidak ada kesepakatan antara Inggris dan perbatasan Irlandia.

Dengan masih bergabungnya aturan bea cukai Inggris dengan Uni Eropa, maka dapat diartikan bahwa tidak akan ada tarif barang-barang yang akan keluar masuk antara Inggris dan Uni Eropa. Dengan begitu ancaman "hard" Brexit bisa saja tidak terjadi karena menggunakan aturan bea cukai sendiri dinilai akna menyulitkan Inggris sendiri.

Negosiasi antara Inggris dengan Irlandia dan Irlandia Utara - yang merupakan bagian dari Inggris - merupakan salah satu permasalahan yang selama ini selalu memberikan kebuntuan akan negosiasi Brexit. Padahal Inggris sudah mendekati tenggat waktu untuk masa transisi Inggris yang akan secara resmi lepas dari Uni Eropa pada Maret 2019 mendatang.

Kebuntuan negosiasi Brexit memang sudah menekan mata uang sterling dan membuat GBPUSD membukukan pelemahan selama hampir enam hari beruntun, di tengah menguatnya dollar yang mendominasi sentimen pasar.

Pada hari ini hingga pukul 17.57 WIB GBPUSD diperdagangkan di level 1.2983 menguat sekitar 47 pip dari penutupan perdagangan sesi kemarin.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search