Powell: Perekonomian Kuat, Kenaikan Suku Bunga Akan Bertahap

Powell: Perekonomian Kuat, Kenaikan Suku Bunga Akan Bertahap

Jum'at, 24 Agustus 2018 21:37:04 WIB

Pidato Ketua The Fed, Jerome Powell, di Jackson Hole, Wyoming memperlihatkan optimistis dia terkait outlook perekonomian di AS. Powell melihat laju inflasi masih tetap pada target yang diinginkan oleh The Fed yaitu 2%.

Terkait kenaikan suku bunga, Powell sempat mengatakan bahwa adanya kemungkinan sedikit perlambatan akan kenaikan suku bunga. Namun hal tersebut mungkin tidak akan dilakukan dalam jangka waktu yang dekat seiring dengan kontrol dari bank sentral untuk mengendalikan pertumbuhan ekonomi di AS.

Powell juga mengaku bahwa bank sentral tidak akan mengintervensi atau bahkan menghentikan momentim kesolidan perekonomian AS. Oleh karena itu, laju kenaikan suku bunga yang sudah dilakukan oleh The Fed sejak Desember 2015 lalu tidak akan berubah, dengan catatan tidak ada perubahan yang signifikan terhadap solidnya perekonomian AS.

Sejak Desember 2015 lalu, para pengambil kebijakan The Fed sudah sepakat akan menaikkan suku bunga secara bertahap hingga tujuh kali dengan kenaikan bertahap per 25 basis poin. Untuk tahun 2018 sendiri sudah terjadi dua kali dan akan terjadi dua kali lagi. Kenaikan terdekat diprediksi pada 27 September mendatang.

Terkait komentar Presiden Trump yang mengungkapkan kekecewaannya terhadap kenaikan suku bunga, Powell sama sekali tidak menyinggung komentar presidennya itu. Sehingga hal ini semakin menambah probabilitas kenaikan suku bunga The Fed dua kali lagi pada tahun ini.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search