Presiden Trump : China "Melanggar Kesepakatan" Dalam Negosiasi Dagang

Presiden Trump : China "Melanggar Kesepakatan" Dalam Negosiasi Dagang

Kamis, 09 Mei 2019 08:08:48 WIB
Presiden AS Donald Trump pada Kamis pagi ini mengatakan bahwa China "melanggar kesepakatan" dalam pembicaraan dagang antara AS dengan China yang sedang berlangsung.

Berbicara pada rapat umum di Florida, Presiden mengaitkan ancamannnya baru-baru ini atas kenaikan tarif dengan posisi negosiasi dengan Beijing.

Trump mengatakan bahwa saat ini, apakah anda melihat kebijakan tarif yang kami lakukan? Ini terjadi karena kalian telah melanggar perjanjian. Mereka merusak kesepakatan tersebut. Sehingga jika mereka jadi terbang kesini, wakil perdana menteri yang besok akan terbang kesini adalah orang yang baik, namun mereka telah melanggar kesepakatan. Mereka tidak bisa melakukan itu, jadi mereka akan membayar hal tersebut.

Pada akhir pekan lalu, Trump mengejutkan pasar dengan memberikan ancaman dalam tweetnya bahwa dia akan menaikan tarif impor barang-barang China yang ke Amerika, dengan kenaikan pertama akan terjadi pada hari Jumat, dan lainnya akan datang dengan "segera."

Presiden mengatakan bahwa perdagangan dengan China telah bergerak "sangat lambat" karena Beijing mencoba untuk negosiasi kembali. Ini menjadi kejutan untuk banyak pengamat sejak laporan akhir-akhir ini indikasikan kedua negara dapat segera menandatangani kesepakatan secepatnya di pekan ini.

China, dalam pernyataannya di hari Rabu mengatakan bahwa mereka akan membalas jika tarif AS yang sebesar $200 miliar pada barang-barang China dinaikan menjadi 25% dari 10% karena Trump telah mengancam.

Kementrian China mengatakan bahwa eskalasi friksi dagang tidak untuk kepentingan rakyat di kedua negara dan diseluruh dunia. Pihak China sangat menyesalkan bahwa jika langkah-langkah tarif AS diterapkan, China harus mengambil tindakan balasan yang diperlukan.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search