Produksi Industri Italia Minus Selama 3 Bulan Beruntun

Produksi Industri Italia Minus Selama 3 Bulan Beruntun

Senin, 10 Juni 2013 15:38:48 WIB

Monexnews - Angka industrial production (bulanan) Italia turun 0.3% di bulan April 2013 sekaligus menandai penurunan data industri tersebut selama tiga bulan beruntun. Namun demikian produksi barang modal tercatat tumbuh sebagaimana dilaporkan oleh kantor statistik Istat.

Industrial output di negara perekonomian terbesar ke-3 zona Euro turun 4.6% di bulan April dibandingkan periode yang sama tahun 2012. Istat menyatakan pihaknya memakai acuan hari kerja yang disesuaikan untuk menghitung penurunan tahunan.

Hasil produksi sektor energi Italia turun 1.5% dibandingkan Mei lalu sementara produksi barang jasa (salah satu indikator bisnis penting) tumbuh 1.2%. Produksi barang dengan kategori intermediate goods turun 0.1% dan pembuatan barang-barang konsumsi juga melemah 0.9%, dengan rasio penurunan mencapai 4.9% untuk produksi barang jenis durable goods.

Sektor energi, transportasi dan tekstil mencetak penurunan bulanan terbesar. Sementara produsen elektronik dan optik Italia mencatat kenaikan produksi 4.9%. Rasio penurunan data produksi industri Italia serupa dengan prediksi yang dibuat oleh ekonom UniCredit yang berbasis di Milan. Istat juga melaporkan bahwa industrial production turun 4.4% di kuartal pertama dibandingkan triwulan yang sama tahun 2012. Rasio penurunan hasil produksi lebih tinggi dibandingkan dengan penurunan tahunan GDP Italia yang hanya sebesar 2.3% pada skala periode yang sama (Q1 2012-Q1 2013). Nilai tukar Euro saat ini tercatat di level 1.32090 per Dollar.

(dim)


(dim)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search