Prospek Pertumbuhan Ekonomi Eropa Tahun Ini Diturunkan

Prospek Pertumbuhan Ekonomi Eropa Tahun Ini Diturunkan

Jum'at, 08 Februari 2019 14:23:18 WIB

Bank Sentral Inggris dan Komisi Eropa, keduanya menawarkan pandangan suram pada hari Kamis, menegaskan kembali kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi Eropa.

Meskipun, Bank of England (BOE) membiarkan suku bunga tidak berubah, seperti yang diharapkan, namun BOE memotong perkiraan untuk pertumbuhan produk domestik bruto 2019 menjadi 1,2% dibandingkan perkiraan sebelumnya sebesar 1,7%, dengan level saat ini mewakili pertumbuhan terlemah sejak 2009 ketika krisis dipicu oleh subprime mortgage.

"Secara alami, ketidakpastian Brexit berarti ketidakpastian yang cukup besar atas prospek makro AS, dan karena itu kebijakan moneter," kata Bill Diviney, ekonom senior di ABN Amro.

Walau pesimistis mengenai pertumbuhan ekonomi Inggris BOE masih melihat Soft Brexit - di mana Inggris meninggalkan Uni Eropa dengan perjanjian perdagangan - sebagai skenario yang paling mungkin terjadi.

Pada hari Kamis, Komisi Eropa memangkas perkiraan untuk pertumbuhan zona euro 2019 menjadi 1,3% pada 2019, dibandingkan dengan 1,9% yang diekspektasikan pada November. Yang mendasari perhitungan Komisi Eropa adalah data industri dan manufaktur Jerman yang lebih lemah dari perkiraan yang dirilis pekan ini.

"Kami pikir ada sejumlah kesimpulan penting," kata Diviney. "Pertama-tama, meskipun perkiraan pertumbuhan ekonomi turun drastis, mereka mungkin tidak cukup jauh, dan kemungkinan revisi lebih lanjut."


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search