QE Berakhir, ECB Akan Lakukan Ini Untuk Dongkrak Suku Bunga

QE Berakhir, ECB Akan Lakukan Ini Untuk Dongkrak Suku Bunga

Kamis, 13 Desember 2018 23:30:42 WIB

Seperti yang sudah diekspektasikan, European Central Bank (ECB) masih akan tetap mempertahankan suku bunga di level 0,00%. Pada kali ini, ECB juga menegaskan bahwa program stimulus senilai 2,6 triliun akan berakhir pada akhir Desember ini.

Meski begitu, ECB membuat suatu program yang memberikan sinyal bahwa masih ada kemungkinan kenaikan suku bunga di tahun depan setelah musim panas, atau sekitar pertengahan tahun antara Juni-Juli 2019.

Hal tersebut terkesan kontradiktif karena Presiden ECB Mario Draghi dalam konferensi pers mengatakan bahwa bank sentral telah memangkas outlook pertumbuhan ekonomi pada tahun 2019, seperti angka pertumbuhan GDP dan inflasi.

Salah satu upaya untuk mendorong kenaikan suku bunga, Draghi mengatakan bahwa pembelian obligasi besar-besaran yang akan berakhir Desember ini akan digantikan dengan program investasi obligasi jatuh tempo. Meski begitu, belum ada kepastian kapan kenaikan suku bunga pertama akan dilakukan.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search