Rancangan Fiskal Italia Membahayakan Uni Eropa

Rancangan Fiskal Italia Membahayakan Uni Eropa

Jum'at, 19 Oktober 2018 15:00:26 WIB

Italia dianggap telah menempatkan dirinya dan anggota Uni Eropa lainnya dalam bahaya dengan merencanakan anggaran 2019 yang melanggar batas rasio utang yang sudah jadi ketentuan Uni Eropa, demikian pernyataan Kanselir Austria Sebastian Kurz pada hari Jumat.

"Jika Italia menyimpang dari ketentuan Maastricht, Italia menempatkan dirinya dalam bahaya, tetapi juga tentu saja akan membahayakan orang lain dan kami di Uni Eropa tidak siap untuk mengambil risiko ini, utang ini untuk Italia," Kurz mengatakan kepada wartawan, mengacu pada kriteria batas utang dan defisit yang disepakati oleh UE dalam perjanjian Maastricht, Belanda.

Komisi Eropa pada hari Kamis mengatakan rancangan anggaran 2019 dari Italia berada dalam "ketidakpatuhan sangat serius" dengan aturan UE, mengindikasikan kemungkinan penolakan UE terhadap rencana fiskal negara itu yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Defisit anggaran Italia tahun depan mencapai 2,4 % terhadap PDB. Defisit itu meningkat tajam dibandingkan target tahun ini, yaitu 1,8 % terhadap PDB. Defisit Italia berada di bawah ketetapan Uni Eropa, yaitu 3,0 % terhadap PDB.

Rancangan anggaran Italia menuai kontra dari Uni Eropa. Ini karena rancangan itu akan mendorong rasio utang Negeri Pizza melonjak. Sementara pada tahun lalu saja, rasio utang telah menembus 131 %n terhadap PDB, tertinggi di Zona Euro setelah Italia.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search