RBA Optimis Dengan Perekonomian Australia

RBA Optimis Dengan Perekonomian Australia

Jum'at, 25 Oktober 2013 12:37:53 WIB

Monexnews - Perekonomian Australia kini nampak menuju ke pertumbuhan yang lebih bertenaga dan mulai meninggalkan ketergantungan-nya terhadap industri sumber daya alam, menurut salah satu pejabat tinggi di bank sentral Australia (RBA).

Philip Lowe, deputi gubernur bank sentral Australia menjelaskan di hari Kamis (24/10) bahwa lemahnya nilai

dollar Australia, meningkatnya kepercayaan bisnis dan rendahnya suku bunga, telah memberikan dasar bagi pandangan bank sentral untuk menilai bahwa ekonomi non-pertambangan secara bertahap akan menguat dalam beberapa tahun ke depan.

Sinyal yang dilontarkan Philip Lowe tersebut menyiratkan bahwa bank sentral semakin nyaman bahwa tingkat suku bunga yang rendah saat ini telah cukup banyak memacu perekonomian. Seperti kita ketahui bersama, Reserve Bank of Australia (RBA) bulan ini kembali mempertahankan suku bunga acuan tetap pada rekor rendah 2,5% lantaran sejumlah sektor ekonomi menunjukkan adanya perbaikan. Hal itu tercermin dari data-data terakhir yang memberikan sinyal bahwa perekonomian mulai pulih menyusul serangkaian pemotongan suku bunga selama kurun waktu dua tahun terakhir.

Sejumlah fundamental yang rilis belakangan ini menunjukkan sektor manufaktur Australia meningkat untuk kali pertama lebih dari dua tahun pada bulan September. Sedangkan rerata harga rumah melonjak drastis di Agustus, bahkan penjualan ritel sanggup mematahkan ekspektasi. Selain itu, indeks kepercayaan kalangan pebisnis dan konsumen juga turut mengalami peningkatan.

Dalam kesempatan itu, Lowe juga memperkirakan bahwa nilai dollar Australia - yang kini telah jatuh sekitar 8% sejak April, akan terus melemah lagi akibat ledakan migrasi dari sektor pertambangan dan meningkatnya perekonomian di negara-negara maju di dunia.(dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search