RBA Pertahankan Tingkat Suku Bunga

RBA Pertahankan Tingkat Suku Bunga

Selasa, 04 Februari 2014 10:51:34 WIB

Monexnews - Tingkat suku bunga Australia berada pada level yang tetap, setelah Reserve Bank of Australia memutuskan pada pertemuan pertama tahun ini untuk melihat dan menantikan dampak pemangkasan suku bunga sebelumnya dalam memicu pertumbuhan ekonomi. Tingkat suku bunga yang sudah berada pada rekor rendah 2.5%, sama dengan Selandia Baru, belum berubah sejak Agustus tahun lalu. Dollar Australia menguat pasca pernyataan RBA dirilis.

Langkah ini sudah diperkirakan oleh sebagian besar ekonom, yang mengatakan kenaikan diluar dugaan pada

inflasi konsumen kuartal terakhir tahun 2013, ditambah dengan kuatnya tingkat pertumbuhan pada pasar perumahan nampaknya akan membuat RBA tidak akan kembali melonggarkan kebijakan hari ini.

Pertemuan bank sentral berlangsung pasca sejumlah data yang dirilis pada hari Senin mengacu pada outlook yang mix untuk perekonomian Australia. Sydney dan Melbourne masih menjadi penggerak utama harga rumah, dengan harga pada 8 kota besar naik sebanyak 1.2% di bulan Januari, setelah melonjak 9.8% tahun lalu. Persetujuan pembangunan berkurang tipis di bulan Desember, namun masih di atas 16,000, level yang telah dipertahankan selama 4 bulan dan masih merupakan tingkat pertumbuhan terkuat sejak penghitungan dimulai 2 dekade lalu. Bersamaan dengan itu survey periklanan pekerjaan oleh ANZ untuk bulan Januari menunjukkan pelemahan pada pasar tenaga kerja, dengan jumlah iklah yang terus turun, meski dalam laju yang lebih lambat. Sektor manufaktur Australia juga terus kesulitan, data PMI terkini dari Australian Industry Group menunjukkan bahwa kondisi pada sektor manufaktur masih lemah. Sementara itu, tingkat inflasi mereda di bulan Januari setelah naik di bulan Desember lalu, menurut indeks dari TD Securities-Melbourne Institute.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search