Rekor Angka Pengangguran Menjadi Topik Utama The Fed Semalam

Rekor Angka Pengangguran Menjadi Topik Utama The Fed Semalam

Jum'at, 09 November 2018 08:20:49 WIB

Seperti ekspektasi pasar, pada rapat kali ini The Fed tidak akan menaikkan suku bunga acuannya. Meski begitu sinyal kenaikan suku bunga pada bulan Desember nanti tetap diperlihatkan oleh The Fed. Salah satu sektor yang diberikan perhatian adalah tingkat pengangguran yang menurun drastis.

Departemen Tenaga Kerja AS pada bulan September lalu mencatat bahwa tingkat pengangguran sudah diangka 3,7%. Angka tersebut merupakan angka terendah sejak 1969. Meski begitu The Fed sempat memberikan catatan terkait potensi perlambatan inestasi. Tidak terlihat secara signifikan memang, tapi beberapa sektor perdagangan sudah mulai merasakan dampak dari kenaikan tarif impor yang melahirkan ketegangan hubungan dagang antara AS-China.

The Fed tidak memberikan outlook kenaikan suku bunga untuk tahun 2019 mendatang. Hal ini sebenarnya yang sedang ditunggu-tunggu pasar sebab pada pertemuan September lalu, beberapa pejabat The Fed memberikan indikasi bahwa kenaikan suku bunga akan terjadi tiga kali kali. Bahkan berlanjut satu kali lagi di tahun 2020.

Meski begitu, The Fed tidak memberikan sinyal dovish terkait kenaikan suku bunga di bulan Desember yang hampir bisa dipastikan akan terjadi. Pada perdagangan sesi kemarin dollar terlihat menguat terhadap mata uang utama lainnya pasca The Fed masih terlihat optimis pada perekonomian AS terutama melihat angka pengangguran yang mencapai rekor terendah.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search