Resesi Membantu Spanyol Cetak Surplus Perdagangan

Resesi Membantu Spanyol Cetak Surplus Perdagangan

Jum'at, 31 Mei 2013 18:05:08 WIB

Monexnews - Spanyol berhasil mencetak surplus perdagangan pertama dalam sejarah pada bulan Maret, menurut data bank sentral pada hari Jumat, seiring penurunan tajam pada sektor impor akibat resesi yang dalam mengalahkan kenaikan tipis pada sektor ekspor. Surplus perdagangan mencapai sejumlah 1 milyar euro (1.31 milyar dollar) di bulan Maret dibandingkan dengan defisit sebesar 2.7 milyar euro setahun lalu, menurut data.

Ekspor telah manjadi salah satu titik terang pada perekonomian yang mencoba untuk pulih dari dampak kehancuran sektor properti 5 tahun lalu yang mendorong naik tingkat hutang dan pengangguran. Penurunan pada biaya upah membuat barang-barang Spanyol lebih kompetitif. Sektor ekspor bertumbuh sebesar 2.7% di bulan Maret dibandingkan setahun lalu, sementara tingkat impor turun sebesar 13% akibat anjloknya tingkat permintaan domestik.

Menteri perekonomian

Luis de Guindos sebelumnya pada bulan ini mengatakan bahwa Spanyol akan mencetak surplus perdagangan pertama dalam sejarah pada bulan Maret, mengatakan hal tersebut adalah sinyal bahwa Spanyol masih kompetitif. Namun salah satu analis pada hari Jumat mengatakan bahwa surplus perdagangan yang dipicu oleh anjloknya sektor impor tidak dapat bertahan lama. "Sebuah surplus perdagangan biasanya adalah hal yang baik yang berarti bahwa Spanyol telah menurunkan tingkat ketergantungannya. Namun jika surplus diakibatkan oleh anjloknya tingkat impor, ini berarti Spanyol harus tetap berada pada resesi yang dalam untuk mempertahankan hal tersebut," ucap James Howat, analis pada Capital Economics. Surplus perdagangan ini membantu menaikkan neraca current account milik Spanyol menjadi 1.4 milyar euro, naik dari defisit sebesar 3.2 milyar euro setahun lalu.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search