Resiko Perlambatan Masih Mengintai, IMF Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Global

Resiko Perlambatan Masih Mengintai, IMF Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Global

Selasa, 08 Oktober 2013 22:13:17 WIB

Monexnews - Resiko perlambatan telah kembali meningkat dan respon kebijakan yang tepat diperlukan untuk menjaga perekonomian global agar tidak terperosok di bawah level pertumbuhan, menurut pernyataan International Monetary Fund pada hari Selasa pasca menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global untuk tahun 2013. IMF memangkas proyeksi output dunia untuk tahun 2013 menjadi 2,9% dari 3,2% yang diproyeksikan pada bulan Juli. Yang berpotensi menjadi pertumbuhan paling lambat dalam 4 tahun terakhir. Untuk tahun 2014, pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan kembali berakselerasi ke level 3,4%. Namun angka itu masih lebih rendah dari proyeksi sebelumnya yang sebesar 3,8%. Sejak musim semi lalu, kondisi keuangan dunia secara tak terduga mengalami goncangan menyusul merebaknya spekulasi pasar tentang tapering program stimulus Federal Reserve AS. Hal itu telah memicu kekhawatiran besar tentang emerging markets, dengan sejumlah permasalahan yang menghantam beberapa ekonomi besar belum terselesaikan. Di saat yang sama IMF menilai jika prospek pertumbuhan dunia masih belum kunjung membaik. Terlebih dengan munculnya tantangan kebijakan baru di AS dan krisis zona Euro yang berkepanjangan. Bersama dengan pertumbuhan China yang nampak kembali melambat, faktor-faktor tersebut di atas dikhawatirkan bisa memicu krisis baru.

Dalam konferensi pers pasca pengumuman proyeksi terbaru ini, kepala ekonom IMF Olivier

Blanchard juga menyoroti masalah anggaran AS. "Apa yang saat ini terlihat sebagai pemulihan akan berubah menjadi resesi atau bahkan lebih buruk jika masalah batas hutang tidak segera terselesaikan," kata Blanchard. "Shutdown pemerintah AS juga memiliki resiko yang sangat berbahaya jika berlangsung dalam waktu yang lama." (vid)


(vid)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search