Reuters: 70% Ekonom Optimis ECB Naikkan Bunga pada 2019

Reuters: 70% Ekonom Optimis ECB Naikkan Bunga pada 2019

Kamis, 19 Juli 2018 21:54:22 WIB
Hasil dari voting para ekonom Reuters mmemperlihatkan bahwa European Central Bank (ECB) akan menaikkan suku bunganya pada semester kedua tahun 2019 nanti. Voting yang dilakukan lebih dari 100 ekonom pada 10-18 Juli lalu itu menghasilkan 70% ekonom optimis bahwa ECB akan melakukan pengetatan moneter pada tahun depan melihat perekonomian zona euro yang dikatakan telah tumbuh di area zona hijau sejak krisis moneter 2008 lalu.

Salah satu yang menahan laju perekonomian zona euro adalah eskalasi perang dagang yang dikhawatirkan akan terjadi antara AS dan mitra dagangnya di zona euro. Saat isu ini menyeruak, beberapa analis dan ekonom sempat menurunkan proyeksi laju pertumbuhan untuk zona euro.

Angka gross domestic product (GDP) misalnya diproyeksikan pada tahun ini berada di angka 2,1%, 1,6% untuk tahun 2019, dan 1,6% untuk tahun 2020. Namun para analis tersebut sepakat, sebelum terjadinya penurunan laju perekonomian terjadi, ECB akan menaikkan suku bunga acuannya.

Hingga pertemuan ECB terakhir pada 14 Juni lalu, suku bunga rendah masih bertahan di angka 0,00%. Sampai pertemuan selanjutnya yang dijadwalkan pada 26 Juli mendatang, ECB diestimasikan belum akan mengubah atau menaikkan suku bunganya.
(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search