Risiko Resesi Ekonomi Jepang Meningkat Dalam 3 Bulan

Risiko Resesi Ekonomi Jepang Meningkat Dalam 3 Bulan

Senin, 21 Januari 2019 15:16:44 WIB

Peluang bahwa Jepang akan terbenam ke dalam resesi di tahun fiskal mendatang ini telah membesar selama tiga bulan terakhir, disebabkan oleh perlambatan ekonomi global dan gesekan perdagangan AS-China, demikian pernyataan sebuah jajak pendapat Reuters.

Ekonom mengatakan peluang resesi tumbuh 0,8 persen di tengah upaya Jepang yang mungkin berhasil menghindari resesi pada tahun yang dimulai pada bulan April.

Itu pertanda buruk bagi rencana Perdana Menteri Shinzo Abe untuk menaikkan pajak penjualan menjadi 10 persen dari 8 persen pada Oktober tahun ini untuk mengatasi pembengkakan biaya kesejahteraan seiring bertambahnya populasi kaum manula di negara itu.

Jepang telah merasakan dampak tidak langsung dari perang dagang AS-Cina karena Jepang membuat peralatan dan pasokan yang digunakan oleh produsen semikonduktor, ponsel, dan produk lainnya di China.

Data terbaru menunjukkan pertumbuhan ekspor Jepang melambat pada November karena pengiriman ke Amerika Serikat dan China melemah tajam.

"Konflik perdagangan AS-China menghambat belanja modal China, yang menimbulkan tekanan atas ekonomi Jepang melalui perlambatan ekspor barang modal," kata Shigeto Nagai, kepala ekonomi Jepang di Oxford Economics.

Presiden A.S. Donald Trump mengatakan pada hari Sabtu bahwa ada kemajuan menuju kesepakatan perdagangan dengan China, tetapi membantah bahwa ia sedang mempertimbangkan untuk menaikkan tarif impor China.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search