Robert Heller: Suku Bunga Akan Naik Pada Pergantian Tahun

Robert Heller: Suku Bunga Akan Naik Pada Pergantian Tahun

Rabu, 19 Maret 2014 09:34:13 WIB

Monexnews - Investor yang memperkirakan kenaikan tingkat suku bunga di pertengahan tahun 2015 dapat terkejut, menurut mantan Gubernur Federal Reserve Robert Heller pada hari Rabu. Menurutku itu apa yang menurut Dewan Federal Reserve akan mnejadi waktu yang tepat," ucap Heller, terkait ekspektasi kenaikan suku bunga di pertengahan tahun 2015. Menurut saya pasar akan mendesak the Fed untuk mengetatkan kebijakan sedikit lebih cepat dari tenggat waktu tersebut. Sehingga hal tersebut mungkin akan terjadi seiring pergantian tahun menuju 2015, yang mungkin juga waktu berakhirnya operasi tapering, tambahnya.

Federal Reserve telah mempertahankan tingkat suku bunga dekat nol sejak tahun 2008, saat krisis keuangan global yang telah memicu kekacauan pada pasar keuangan. Seiring the Fed menarik program stimulusnya saat ini dan perekonomian AS mulai pulih, pasar mengantisipasi kenaikan suku bunga akan segera menyusul setelah tapering berakhir. Analis masih terbagi mengenai seberapa lama pemangkasan stimulus akan berlangsung, sebagian memperkirakan tapering akan berakhir tahun ini, sementara yang lainnya memperkirakan tapering masih akan dilanjutkan hingga tahun depan.

Menurut Heller, seiring investor menjadi lebih bullish terhadap pemulihan domestik, yield pada obligasi pemerintah AS akan terdorong naik, mendesak the Fed untuk menyesuaikan kebijakan. "Jika pasar menjadi lebih yakin bahwa inflasi akan naik, dan situasi ekonomi secara keseluruhan membaik, mereka akan menaikkan tingkat suku bunga menjadi lebih tinggi. Kita seharusnya mampu hidup dengan tingkat suku bunga 4 4.5% untuk obligasi 10 tahunan saat ini. Sehingga menurutku kenaikan pada tingkat suku bunga sangat sesuai," tambahnya. Ia menambahkan bahwa data ekonomi AS yang burusk belakangan ini dapat diakibatkan oleh kondisi cuaca yang ekstrim, namun ia cemas bahwa pemerintah dapat menghambat pemulihan secara keseluruhan dengan regulasi tambahan dan menciptakan ketidakpastian unutk investor.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search