Rusia: Kami Juga Berhak Bekukan Aset dan Rekening Mereka!

Rusia: Kami Juga Berhak Bekukan Aset dan Rekening Mereka!

Kamis, 06 Maret 2014 11:06:14 WIB

Monexnews - Ancaman pihak Amerika Serikat dan sekutunya untuk meng-embargo Rusia dibalas dengan gertakan yang tidak kalah keras. Melalui perwakilannya, pemerintah Moskow mengklaim siap memberlakukan sanksi yang mengerikan kepada negara-negara penentangnya.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, memperingatkan bahwa sanksi terhadap negaranya akan kontra-produktif bagi pihak manapun. Walaupun jika nantinya memang berlaku, embargo kerjasama multilateral itu tidak akan mengubah sikap Rusia dalam kebijakannya terkait Ukraina. Lebih dari itu, Moskow bisa juga membekukan izin usaha perusahaan-perusahaan asing sekaligus aset properti dan rekening yang dimiliki oleh warga negara-negara sekutu Amerika.

"Kami memiliki undang-undang yang memperbolehkan pemerintah untuk melakukan apapun guna melindungi kedaulatan negara," ujar Kepala Komisi Perundangan di Parlemen Rusia, Andrei Klishas, seperti dikutip oleh kantor berita RIA. Klishas sendiri merupakan pembuat undang-undang tentang kebijakan luar negeri Rusia tersebut. Banyak advokat memang mempertanyakan keabsahan isi undang-undang yang dipaparkan oleh pihak Moskow itu. Namun Klishas menjamin kalau substansi aturan yang dibuatnya tidak menyalahi tata hukum internasional. "Kami pastikan semua sesuai standar perundangan Eropa," tegasnya beberapa jam lalu.

Seperti diketahui, Amerika Serikat menebar ancaman kepada pihak Rusia terkait krisis Ukraina. Washington konon tidak sungkan untuk memberlakukan embargo ekonomi kepada negeri beruang merah akibat aksi mobilisasi tentara Presiden Vladimir Putin di wilayah Crimea, yang berdekatan dengan batas negara Ukraina. Atas nama kemanusiaan, Gedung Putih meminta Kremlin untuk mengutamakan diplomasi kelembagaan ketimbang ikut campur dalam transisi politik di negara tetangganya itu. Ancaman sanksi ekonomi kepada Rusia telah dilontarkan, namun beberapa sekutu Washington terlihat gamang untuk mengiyakan. Peran Rusia terhadap perekonomian benua biru tidak bisa dibilang kecil sehingga ancaman embargo ekonomi akan sangat memberatkan banyak negara. masih sangat jauh dari kenyataan. Paling maksimal, Uni Eropa dan Inggris hanya berani memberlakukan larangan kunjungan dan membekukan izin visa bagi warga dan pejabat Rusia. (dim)


(dim)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search