Sektor Manufaktur AS Berkontraksi, Belanja Konstruksi Naik

Sektor Manufaktur AS Berkontraksi, Belanja Konstruksi Naik

Senin, 03 Juni 2013 21:49:31 WIB

Monexnews - Aktivitas sektor manufaktur AS berkontraksi pada bulan Mei untuk pertama kalinya dalam 6 bulan seiring berkurangnya jumlah pesanan baru dan tingkat permintaan ekspor, menurut laporan industri. Sebuah laporan terpisah menunjukkan belanja konstruksi di AS naik tipis, namun berada di bawah estimasi analis. Institute for Supply Management (ISM) mengatakan indeks aktivitas pabrik nasional turun di bulan Mei menjadi 49.0 dari 50.7 di bulan april, tarhadap ekspektasi 50.7. Terakhir kali indeks berada di bawah level 50 adalah November 2012 lalu, ketika badai besar menyerang AS.

Tingkat ukuran pesanan baru turun menjadi 48.8 dari 52.3, sementara tingkat pekerjaan turun menjadi 50.1 dari 50.2. Tingkat produksi turun menjadi 48.6 dari 53.5. Indeks sektor ekspor turun menjadi 51.0 dari 54.0, sementara tingkat

impor naik tipis menjadi 54.5 dari 55.0. Meski pertumbuhan telah mereda dalam beberapa bulan belakangan, menjelang Mei indeks nasional berhasil bertahan di dalam area ekspansi, meski sejumlah laporan regional menunjukkan kontraksi. Secara keseluruhan tingkat pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua diperkirakan akan melambat dari laju 2.4% pada kuartal pertama.

Laporan terpisah menunjukkan bahwa belanja dunia usaha mendorong konstruksi AS mencetak tingkat belanja yang sedikit lebih tinggi di bulan April, mengalahkan penurunan pada proyek rumah pribadi dan sektor publik. Tingkat belanja konstruksi naik 0.4% menjadi tingkat tahunan 861 milyar dollar, kenaikan yang lebih tipis dari perkiraan analis yaitu 0.8%, menurut data Dep.Perdagangan Hari Senin. Dep.Perdagangan juga merevisi data bulan Maret untuk menunjukkan penurunan sebesar 0.8%, yang lebih kecil dari yang dilaporkan sebelumnya.

Data ini menguatkan pandangan bahwa pengetatan pemerintah menopang pertumbuhan ekonomi tahun ini. Belanja sektor publik pada konstruksi turun 1.2% di bulan April, tertekan oleh penurunan tajam pada pembangunan di negara bagian dan lokal, yang menyentuh level rendah dalam 7 tahun. Berkurangnya belanja konstruksi rumah tinggal pribadi juga turut menekan tingkat belanja secara keseluruhan. Penurunan nampaknya dipimpin oleh penurunan pada belanja renovasi rumah, seiring rencana pembangunan rumah naik pada bulan tersebut.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search