Sektor Manufaktur China Belum Merespon Stimulus, Ekspor KorSel Anjlok

Sektor Manufaktur China Belum Merespon Stimulus, Ekspor KorSel Anjlok

Senin, 01 Juni 2015 13:09:51 WIB

Monexnews - Sektor manufaktur China menunjukkan sedikit sinyal kemajuan di bulan Mei seiring tingkat permintaan yang masih lemah, sementara tingkat ekspor di Korea Selatan mencetak penurunan tahunan terbesar semenjak krisis keuangan, hasil buruk yang mana akan memicu usulan untuk kebijakan stimulus tambahan. Bagaimanapun juga, sektor manufaktur Jepang meraih kenaikan pada tingkat pesanan baru sementara sektor manufaktur India meraih tingkat permintaan domestik yang solid, memberikan harapan bagi kawasan untuk pulih di kuartal kedua. Sementara itu, data pada hari Senin menunjukkan tingkat ekspor Korea Selatan di bulan Mei mencetak penurunan tahunan terbesar dalam hampir selama 6 tahun, dengan penurunan pada tingkat penjualan menuju semua pangsa pasar utamanya yaotu China, AS dan Uni Eropa. Survey PMI sektor manufaktur Korea Selatan juga kembali turun untuk ketiga bulannya di bulan Mei menjadi 47.8, level terendah sejak Agustus 2013, dari 48.8 di bulan April. Fokus saat ini akan beralih pada Amerika Serikat dan sejumlah bagian Eropa, yang mana diharapkan akan meraih aktivitas pabrik yang lebih kuat untuk meredam dampak perlambatan global dari China.

China pada hari Senin melaporkan PMI resmi sektor manufaktur naik menjadi 50.2 di bulan Mei, dari 50.1 di bulan April dan kembali memasuki area ekspansi. Namun hasil survey swasta pada perusahaan kecil dan menengah menunjukkan aktivitas sektor manufaktur berkontraksi selama 3 bulan berturut-turut. PMI sektor manufaktur oleh HSBC/Markit berada pada 49.2. Kedua indeks berada dekat level 50 yang memisahkan antara kontraksi dan ekspansi, menunjukkan aktivitas sektor manufaktur yang terbatas. Dan kedua indeks menunjukkan kontraksi pada pesanan ekspor membuat pabrik-pabrik mengurangi lebih banyak pekerja. Survey terpisah menunjukkan laju perumbuhan industri jasa di China melambat pada bulan Mei, dengan PMI non-manufaktur turu menajdi 53.2 dari 53.4.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search