Sentimen Korsel Diharapkan Pulih Terkait Data Ekonomi

Sentimen Korsel Diharapkan Pulih Terkait Data Ekonomi

Senin, 30 Juni 2014 15:13:30 WIB

Monexnews -

Optimisme kalangan investor Korea Selatan kemungkinan akan meningkat pekan ini setelah bank sentral di hari Senin (30/6) merilis data manufacturing BSI yang naik ke level 78 untuk bulan Juli dari rilis sebelumnya di angka 77. Dan investor kembali akan mendapat petunjuk pasar karena data inflasi, manufaktur PMI dan neraca perdagangan serta cadangan devisa sedianya juga akan rilis sepanjang hari Selasa dan Rabu pekan ini. Sentimen positif investor juga akan terbantu oleh optimisme dari kalangan investor di Amerika Serikat (AS) setelah di akhir pekan lalu pemerintah merilis data sentimen konsumen yang naik cukup drasatis di bulan Juni dari bulan sebelumnya. Data indeks sentimen konsumen yang di kalkulasi oleh University of Michigan mencatat kenaikkan ke level 82.5 di bulan Juni dari bulan sebelumnya pada level 81.2.

Namun demikian, sentimen investor masih akan diliputi oleh kecemasan geopolitik di negara Irak setelah pasukan pemerintah berusaha mengeluarkan pemberontak militan dari kota Tikrit pada hari Minggu lalu. Dan investor juga nampak masih terbebani oleh perasaan kecewa setelah minggu lalu pemerintah merilis data industrial production yang buruk. Angka produksi industri Korea Selatan bulan Mei tercatat merosot hingga (-2.1%) dari periode yang sama tahun sebelumnya setelah pada bulan sebelumnya mencatat kenaikan +2,5%. Kemerosotan di bulan Mei tersebut sekaligus mematahkan estimasi kenaikan sebesar +0.3% oleh para ekonom. Mengawali pekan ini (30/6), indeks Kospi Korea Selatan (KS11) akhirnya ditutup pada teritori positif dengan menguat sebesar 0.69% dan mencatat gain hingga +13.70 poin pada area 2002.21.


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search