Soros Peringatkan Akan Terjadi Resesi Jika Inggris Keluar Uni Eropa

Soros Peringatkan Akan Terjadi Resesi Jika Inggris Keluar Uni Eropa

Selasa, 21 Juni 2016 14:00:47 WIB

Monexnews -Investor kelas kakap, George Soros mewanti-wanti rakyat Inggris akan potensi kerugian dari Brexit bagi perekonomian negara
tersebut. Ia menyatakan pendapatan per kapita masyarakat Inggris akan menurun tajam.

"Banyak warga Inggris yang yakin jika meninggalkan Uni Eropa tidak berdampak apa-apa pada keuangan pribadi mereka. Padahal itu tidak benar," ujar Soros dalam ulasan tulisannya di Guardian newspaper, Selasa.

Sambil mengutip hasil estimasi Bank of England dan IMF, Soros mengatakan rata-rata pendapatan yang hilang di tiap rumah tangga akibat jatuhnya nilai poundsterling berkisar 3.000 dan 5,000 annually ($4,400 and $7,335).

Soros memperkirakan dampak Brexit akan mengurangi nilai poundsterling antara 15 hingga 20 persen. Pria keturunan Yahudi ini pernah mendulang untung besar dari kejadian kejatuhan nilai pounsterling tahun 1992.

Namun ia mengatakan situasinya berbeda dengan tahun 1992. Jika di tahun itu Bank of England langsung menurunkan bunga sehingga terjadi pemulihan ekonomi secara cepat, tahun ini tidak akan berhasil dengan cara sama.

Soros menyebut tiga alasan antara lain suku bunga acuan
BoE saat ini sudah terlalu rendah sehingga tidak mungkin dipangkas lagi. kedua, defisit neraca transaksi berjalan Inggris sangat besar sementara Inggris tidak mendapat capital inflow; dan nilai pound yang rendah tidak akan membantu ekspor karena ada ketidakpastian perjanjian perdagangan sebagai konsekuensi keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

"Saya hanya ingin masyarakat Inggris tahu konsekuensinya jika meninggalkan Uni Eropa sebelum mereka datang ke tempat pemungutan suara, daripada tahu setelah mencoblos," papar Soros.(Irdy)


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search