Surplus Current Account Zona-Euro Berkurang

Surplus Current Account Zona-Euro Berkurang

Senin, 18 Februari 2013 18:13:36 WIB

Monexnews - Meningkatnya aliran modal yang ke luar dari zona-euro berhasil mengurangi surplus current account di penghujung tahun 2012. Surplus current account zona-euro hanya mencapai 13,9 miliar untuk bulan Desember; lebih rendah dari prediksi 15,3 miliar dan revisi publikasi November 15,9 miliar. Current account (neraca lancar) merupakan salah satu indikasi akan seberapa besar kebutuhan pendanaan eksternal suatu kawasan.

Surplus neraca perdagangan terus meningkat dan ini tentunya kabar baik bagi zona-euro yang terpuruk di dalam jurang resesi. Meski demikian, ada indikasi perubahan tren untuk aliran modal. Ada aliran dana yang keluar dari zona-euro sebanyak 21 miliar di bulan Desember 2012; lebih buruk dari publikasi November yang mencatatkan aliran dana yang masuk sebesar 30 miliar.

Sementara itu, euro terlihat kesulitan melanjutkan momentum penguatan di sesi London. EUR/USD kini diperdagangkan 1.3341, coba menjauhi level tinggi harian 1.3378 (fr)


(fr)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search