Surplus Neraca Berjalan Jerman Menurun, Namun Tetap Terbesar di Dunia

Surplus Neraca Berjalan Jerman Menurun, Namun Tetap Terbesar di Dunia

Selasa, 19 Februari 2019 18:38:12 WIB

Surplus neraca berjalan Jerman menyusut tetapi tetap menjadi yang terbesar di dunia tahun lalu karena ekspor yang kuat, menurut data dari lembaga Ifo pada hari Selasa yang kemungkinan akan memperpanjang kritik terhadap kebijakan fiskal Kanselir Angela Merkel.

Dana Moneter Internasional dan Komisi Eropa telah mendesak Jerman selama bertahun-tahun untuk berbuat lebih banyak untuk meningkatkan permintaan domestik sebagai cara untuk meningkatkan impor, merangsang pertumbuhan di tempat lain dan mengurangi ketidakseimbangan ekonomi global. Sejak menjabat, Presiden AS Donald Trump juga mengkritik kekuatan ekspor Jerman.

Surplus neraca berjalan Jerman, yang mengukur aliran barang, jasa, dan investasi, adalah yang terbesar di dunia untuk tahun ketiga yang berjalan pada 2018 dengan $ 294 miliar, diikuti oleh Jepang dengan $ 173 miliar, menurut angka Ifo. Rusia berada di posisi ketiga dengan surplus $ 116 miliar.

Ketika diukur dalam kaitannya dengan output ekonomi, surplus neraca berjalan Jerman menyusut untuk tahun ketiga berturut-turut, dari 7,9 persen tahun sebelumnya turun menjadi 7,4 persen pada 2018, menurut angka Ifo.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search