Surplus Perdagangan China-AS di 2018 Tertinggi dalam 10 Tahun

Surplus Perdagangan China-AS di 2018 Tertinggi dalam 10 Tahun

Senin, 14 Januari 2019 11:50:53 WIB

Meskipun Presiden AS Donald Trump meluncurkan perang dagang berisiko tinggi terhadap Beijing tahun lalu, China pada Senin mengumumkan bahwa surplus perdagangan 2018 dengan Washington adalah yang terbesar dalam lebih dari satu dekade.

Surplus China dengan AS tumbuh 17 persen dari tahun lalu yang mencapai $ 323,32 miliar pada 2018, menurut data pemerintah. Itu merupakan rekor tertinggi sejak 2006, menurut Reuters.

Ekspor ke AS naik 11,3 persen selama tahun 2018, sementara impor dari AS ke Cina naik tipis 0,7 persen dibandingkan periode yang sama.

Neraca perdagangan China 2018 menunjukkan srplus perdagangan keseluruhan China untuk 2018 adalah $ 351,76 miliar, kata pemerintah. Ekspor keseluruhan 2018 naik 9,9 persen dari 2017 sementara impor tumbuh 15,8 persen dibandingkan periode yang sama, data resmi dalam mata uang dolar menunjukkan.

Sementara surplus dengan AS mungkin telah meningkat, surplus perdagangan China tahun lalu secara keseluruhan adalah yang terendah sejak 2013, meskipun pertumbuhan ekspor adalah yang tertinggi sejak 2011, menurut catatan Reuters.

Penyebab meningkatnya ekspor ke AS adalah tindakan Importir dari AS yang panik akan kebijakan Trump mengenakan tarif impor ke barang asal China sehingga mereka secara massif mengimpor guna menumpuk barang-barang asal China sebelum pemerintah AS menaikkan lagi tarif pada barang asal China.

Pemerintahan Trump mengenakan tarif tinggi pada barang asal China dengan maksud untuk menekan defisit perdagangan dengan China namun data terkini ini menunjukkan hal yang kontradiktif dengan maksud kebijakan Trump ini.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search